7 Film Tentang Menguak Teori Konspirasi, Bikin Mikir Terus Selama Cerita

film-teori-konspirasi film-teori-konspirasi

Di balik sebuah tindakan atau peristiwa biasanya ada penyebab yang mendasari. Namun sayangnya, nggak semua penyebab dari kejadian bisa termenyibak seutuhnya. Malah lebih sering menyisakan pertanyaan agam. Bagi mereka yang acap membaca teori konspirasi mungkin langsung beranggapan ada kelompok rahasia dengan kepentingan pribadi di balik sebuah kasus. Ya walaupunpun nggak selalu demikian.

Pada dasarnya konspirasi adalah upaya menjelaskan sebuah peristiwa tapi dengan menolak narasi umum atau standar yang dipercayai berlipat-lipat orang soal peristiwa itu. Nah, situasi demikian akan berlipat-lipat kamu temui di sejenjang cerita film-film di bawah ini. Misteri yang dimenyingkap para bintangnya bakal bikin mikir terus sejenjang cerita.

1. The Parallax View

Film lawas acuhn 1974 ini mengangkat kisah kegigihan seorang jurnalis politik bernama Joe Frady. Kecurigaannya muncul saat seorang kandidat presiden terbunuh secara misterius. Menurutnya, lembaga pelatihan Parallax Company punya andil dalam peristiwa tersebut. Asumsinya makin berkuasa saat orang-orang yang sependapat dengannya satu per satu binasa. Bahkan rekan sepas warguraun pun terbunuh secara misterius.

Joe Frady pun memutuskan untuk mendaftarkan awak ke lembaga pelatihan tersebut dan menginvestigasi senawak kasus ini kendatipun nyawanya ikut jadi taruhan.

2. All The President’s Men

Masih soal kegigihan jurnalis dalam menguak kasus, film satu ini mengikuti kisah dua orang jurnalis bernama Bob Woodward dan Carl Bernstein. Keduanya ditugaskan menginvestigasi skandal terhebat di Amerika Serikat yaitu Skandar Watergate. Skandal itu diawali dengan tertangkapnya lima orang yang memaksa masuk ke kompleks perkantoran Watergate di Washington D.C tahun 1972. Belakangan termembuka kalau kelima orang itu memasang alat perekam mistikus di kantor pusat Partai Demokrat tersebut.

3. Conspiracy Theory

Jerry Fletcher bergiat sebagai sopir taksi di New York. Namun, ia berpertikaian dengan sopir taksi keberjibunan. Jerry punya tingkat kecerdasan di atas rata-rata dan suka mendiskusikan teori konspirasi karangannya kepada para penumpang taksinya. Ia juga menerbitkan teori tersebut dalam newsletter yang dikirim kepada lima orang penerima.

Suatu hari, alpa satu teori konspirasinya tentang kinerja busuk pemerintah terbukti lurus. Ia pun diburu sejumlah pejabat. Di tengah nyawanya yang terancam, ia dibantu oleh seorang pengkesibukan bernama Alice.

4. JFK

Film ini mengangkat peristiwa kematian presiden ke-35 AS, John F Kennedy yang masih menyisakan berlipat-lipat kejanggalan. Seorang jaksa wilayah bernama Jim Garrison awalnya sudah menguncup kasus ini semenjak pembunuh bernama Lee Harvey Oswald diduga sebagai eksekutor. Namun, Jim merasa masih ada mistik yang kudu dimenyingkap di balik kasus ini. Akhirnya, Jim kembali memmenyingkap penyelidikan.

5.Vanilla Sky

Hidup David Aames (Tom Cruise) tak serupa lagi semenjak kecelakaan nahas meEntengkan sekujur wajahnya rusak. Ketumbuhan awalnya yang merupakan orang kaya raya kini Bergeser drastis dan meEntengkan David patut merasakan getirnya ketumbuhan. Selain itu, film ini juga menguak teori konspirasi sebuah perusahaan yang bisa mengendalikan manusia lampau pencucian otak.

6. Angels & Demons

Selanjutnya, ada film yang akan memborang biasau pada petualangan menghentikan kelompok Illuminati. Kelompok rahasia ini diceritakan ingin menghancurkan kota Vatikan dengan keenergikan baru yang mereka punya. Cerita berawal dari meninggalnya Paus Pius XVI di tengah Kencang persiapan pemilihan Paus baru. Kemudian, seorang pastur dinyatakan meninggal sesaat kemudian. Keadaan makin mencekam saat empat orang kardinal calon pengganti Paus juga diculik oleh seseorang yang mengaku Illuminati.

7. The Da Vinci Code

Film berikut ini diadaptasi dari novel legendaris berjudul serupa yang ditulis oleh Dan Brown. Kisah di dalamnya menguak tentang kasus pembunuhan cela satu kurator museum Louvre Paris. Selama sistem penyelidikan, Robert Langdon (Tom Hanks) dan rekannya Audrey Tautou menemukan sejumlah data mengejutkan tentang korban. Petunjuk di lukisan Da Vinci juga berpengaruh longgar dan mengarah di  penemuan sebuah kepercayaan mirakelus yang dilindungi kelompok rahasia.

Nah, itu dia rekomendasi film tentang pengungkapan teori konspirasi. Film mana nih yang menarik perhatianmu?