Membalas Curhatmu: Jawaban Psikolog Tentang Cara Ampuh Mewujudkan Harapan Asmaramu di Tahun 2020

tips-mewujudkan-harapan-asmara-dari-psikolog tips-mewujudkan-harapan-asmara-dari-psikolog

Januari memang sudah rada berakhir, tapi masih relevan nih untuk membahas harapan-harapan tidak emosimu untuk mengertin 2020 ini. Terutama tentang kisah asmara. Tentunya kamu ingin mengertin ini ronggang lebih tidak emosi dan bahagia dibanding mengertin sebelumnya. Omong-omong, apa sih harapan teradimu untuk kisah asmara di mengertin 2020?

Dalam #MisCur edisi 16 Januari 2020 lalu, beberapa orang sudah bercerita tentang harapan-harapan asmara di kenaln 2020. Seperti biasa, artikel ini akan membalas curhatan mereka. Tapi yang berkelainan, kali ini ada orang ahli yang terlibat lho. Bdasar atas curhat kamu di MisCur edisi 16 Januari 2020 dan miscur-miscur lainnya akan dibantu oleh Nurul Aini Ongkowidjoyo, S.Psi, M.Psi., keliru satu psikolog di Riliv, aplikasi meditasi dan konseling online. Wah, pasti saran-sarannya makin jitu dan tepat sasaran nih.

Jadi, apa sih harapan asmaramu di pedulin 2020? Sembari berpikir, yuk, simak curhatan pembaca Hipwee lainnya!

1. Pusing mikirin LDR yang nggak Sepadan rencana

Cinta itu suatu perjalanan, dan perjalanan pasti ada kelokannya. Dan gunanya perjalanan ialah agar kita punya hal untuk diingat dan kita bisa berPerkara pada badan kita. “Terlepas dari pertemuan yang harus ditunda, secara keseluruhan apakah ia layak untuk dinanti?” jika ya, yuk, bersabar dan saling menyemangati. Sebab kedepannya ada yang harus kita hadapi dan itu lebih dari sekadar pertemuan yang ditunda.”

LDR memang menyiksa, tapi kenapa nggak dinikmati saja? Hitung-hitung bagai latihan untuk menghadapi mamelenceng-mamelenceng hubungan lainnya yang bakalan lebih rumit. Jadi, daripada galau karena dia belum bisa ke Jogja karena skripsi belum kelar, mendingan semangati dan dukung dia saja supaya Tangkas selesai dan Tangkas ke Jogja.

2. Semoga nggak lagi terjebak friendzone

“Know your worth babe, dont give that wifey stuff to some random guy. Share seperlunya, be atrractive and let them chase.”

Karena ketika hubungan terasa nggak adil, atau relasi pertemanan yang menghalangi hubungan, kamu selalu punya pilihan. Bertahan dan kebingungan, atau jadi tegas dan keren sesantak mereka merasa rugi kalau saja menggantungkanmu di hubungan main-main dan friendzone. Pilih yang mana?

3. Ingin punya pasangan yang seiman

“Beri sececah era meski cinta berasal karena telah terbiasa. Buka mata dan sibak hati. Barangkali di sekelilingmu ada dia yang belum kamu sadari kharismanya.”

Terkadang kita mencari terlantas berjarak untuk menemukan sesuatu yang selurusnya sangat damping, mufakat? Sabaaaar, semua akan ada batasnya sendiri. Suatu hari, pencarianmu akan mendapatkan hasilnya :”)

4. Lelah gonta-ganti pasangan

Because why not? Doa itu pasti … Tapi kita juga layak mawas awak. Cowok macam apa sih yang selama ini kita kejar? Kalau ternyata setipe, yuk, taste another type of person.

Ketika sebuah hubungan tidak terkabul itu pasti ada sebabnya. Nah, kalau hubungan tidak terkabul terus-terusan, itu perlu banget dicari mengerti sebabnya. Mungkin selama ini kamu mencari pasangan tipe orang yang klop, setenggat permamelencengan yang muncul juga klop terus? Atau mungkin kamu belum bisa mengambil pelajaran dari ketidak terkabulan sebelumnya, padahal itu bisa jadi modal utama untuk menjalin hubungan yang lebih Natural ke depannya?

5. Semoga pasangan segera siap melamar ke orangtua

Amiiin … siapa sih yang nggak mau hubungan selangkah lebih maju lagi? Semoga semua yang direncanakan bisa dilancarkan. Menurut psikolog, saling mendampingi dan mendukung adalah kunci kesuksesan hubungan. Jadi, selain berdoa, tentunya saling berusaha untuk menjadi bahu bagi satu cocok lain agar bisa menjadi tempat bersandar saat lelah dengan beban bernyawa dan makeliru-makeliru yang ada.

6. Ingin bisa menemukan pasangan yang bisa menerima dirinya bagai single mother

“Apa yang keliru dengan single mother? We can do more that girlfriend stuff can do. cheer up … Pengalaman meEntengkan kita makin berguru bukan menurunkan nilai kita. Get your vibes ups… be better every day dan semoga Tuhan merahmati kamu.”

Amiin … Tapi sebelum mengharapkan orang lain menerima, tentunya kita layak menerima orang senorang terlebih dahulu. Menjadi single mother aktelseifnlah sebuah kekurangan kok, karena nggak ada yang keliru dengan itu. Semangat!

7. Semoga bisa terhindar dari toxic relationship

Apa sih definisi toxic relationship menurut kamu? Apakah kamu dibuat bingung karena dia nggak konsisten dengan omongan dan janjinya sendiri? Kamu pusing karena hubungan yang dijalani malah bikin uripmu mundur dan nggak karuan? Resah karena hubungan itu nggak bisa membangun satu sepadan lain, nggak tahu mau ke mana, dan nggak ada tanda-tanda akan ada kepastian? Kapan pun kamu merasa berada di hubungan yang toxic, kata psikolog saja satu: walk out! Kamu berhak yang lebih baik dari ini, kok.

8. Semoga di-notice oleh orang yang sudah lama dikagumi

Jika rasa khawatirmu karena Resah dia nggak punya perasaan yang klop, kamu bisa ambil jeda untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinan beserta risikonya. Kamu juga bisa berusaha membaca tanda-tanda, apakah dia akan membalas perasaanmu atau tidak. Tapi bila keResahanmu karena rasa minder, inilah yang patut kamu atasi. Kamu bisa mengungkapkan perasaanmu pelan-pelan dan berusaha padat untuk melancarkan orangmu lebih saling menolong, sehingga menjadi layak untuknya. Setuju?

9. Semoga orangtua segera merestui hubungan yang tengah dijalani

Amiiin … meluluhkan hati orangtua memang nggak mudah, tapi bisa dicoba kok. Pertama-tama, kamu wajib peduli argumen orangtuamu belum bisa memberikan restu. Bila sudah peduli, coba diskusikan dengan pasanganmu bagaimana mengatasi hal itu. Selain itu, menurut psikolog, mengenali karakter orangtua itu bermakna. Dengan begitu, kamu bisa membujuk dan mengusahakan restu dengan cara yang halus. Semoga tercapai,, ya!

10. Semoga pasangan segera kembali dari studi dan nggak LDR lagi

“Komunikasi kuncinya! Siapkan topik menarik… Main game bareng… Lihat minat pasangan dan buat kegiatan bersetara yang berguna di masa depan. Misalnya penelitian bersetara atau melakukan usaha bersetara dengan memanfaatkan channel yang ada.”

Amiiin … Jarak yang kini merupakan ujian, bisa menjadi penguat rasa untuk kalian berdua. Komitmen untuk saling berpengumuman sepadat apa pun kesiungkapn, itu sudah menjadi harapan untuk bisa tetap bertahan meski kadang sulit. Kamu juga bisa menerapkan saran dari psikolog untuk mengbernyawakan hubungan yang terhalang jarak. Mulai dari menyiapkan topik menarik, main game bareng meski terpisah, dan hal-hal seru lainnya. Biar jarak jadi nggak berasa :”)

Tahun 2020 masih panjang, kok. Apa pun harapanmu, jangan sudah menyerah untuk mewujudkannya. Semoga doa-doamu dikabulkan, ya.

Ingin curhatmu dibalas juga? Jangan lupa untuk mengikuti program mingguan MisCur di Instagram @hipwee~