Pemain yang Tidak Akan Tampil di Piala Dunia 2022

Foto peresmian Piala Dunia 2022 di Qatar. Foto peresmian Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ajang olahraga yang paling ditunggu-tunggu, Piala Dunia akan diselenggarakan pada 20 November 2022 mendatang, dengan Qatar sebagai tuan rumahnya. Sayangnya, ada beberapa bintang besar yang gagal lolos, atau terpaksa absen karena cedera.

Berikut ini daftar pemain yang tidak akan tampil di lapangan Piala Dunia 2022.

1. Gianluigi Donnarumma

Kiper terbaik Italia, Gianluigi Donnarumma gagal masuk piala dunia kedua kalinya. Tahun 2018, tim Italia dikalahkan oleh swedia di babak playoff. Tahun 2022, mereka kalah dari Makedonia Utara di babak semifinal playoff. Donnarumma menjadi bintang kemenangan Italia di Euro 2022 saat adu penalti melawan Inggris. Ia menggagalkan tiga tendangan pemain The Three Lions. Akan tetapi, pemain Paris-Saint Germain ini tidak berpartisipasi dalam pesta bola di Qatar.

2. Reece James

Mendekati Piala Dunia 2022, Reece James mengalami cedera. Hal ini membuat para penggemar kecewa. Manajer Chelsea, Graham Potter memberi semangat kepada anak asuhnya untuk tidak larut dalam kesedihan. Sebelumnya, james digadang-gadang mendapat tempat di tim nasional Inggris. Kemampuannya tidak diragukan lagi setelah bermain impresif bersama Chelsea. Pemain berusia 22 tahun ini, kerap kali disebut sebagai calon bek kanan terbaik dimasa depan. Ia tidak pernah gagal menunjukkan aksi gemilang di lapangan.

3. David Alaba

Menjadi pemain unggulan Real Madrid, ternyata tidak membuat David Alaba tampil di Piala Dunia 2022 dengan mudah. Ia kurang maksimal ketika membela negaranya sendiri, Austria di babak kualifikasi zona Eropa.

Pesepakbola berusia 30 tahun ini, didapuk sebagai kapten tim nasional, dan berhasil membawa timnya ke ajang UEFA Nation League, dengan 5 kali menang dalam 10 pertandingan. Selama berkarir di lapangan hijau, David Alaba melakukan 96 kali permainan, dan mencetak 14 gol.

4. Andy Robertson

Gagal membawa tim nasional Skotlandia ke Piala Dunia 2022, Andy Robertson mengungkapkan penyesalannya sebagai kapten. Ia mengaku bahwa ini adalah masa terberat selama karirnya sebagai pesepakbola profesional. Skotlandia kalah 1-3 dari Ukraina dalam partai semifinal playoff zona Eropa pada 02 Juni 2022. Saat itu, Andy Robertson bermain di kandang sendiri, Hampden Park.

5. Mohamed Salah

Tim nasional Mesir kalah 2-4 dari tim nasional Senegal di babak penalti. Inilah yang membuat Mohamed Salah gagal tampil di Piala Dunia 2022. Dari 18 pertandingan selama Premier League, Salah mencetak sebanyak 15 gol. Catatan tersebut menjadi top skor di liga Inggris. Ia berhasil mendapatkan sepatu emas di akhir musim. Sebelumnya, belum ada pemain Liverpool yang mendapatkan penghargaan ini. Menurut kabar yang beredar, Mohamed Salah dan Riyad Mahrez menjadi komentator selama pertandingan Piala Dunia 2022 berlangsung, siaran tersebut ditayangkan di Stad Doha.

6. Erling Haaland

Salah satu pesepakbola terbaik dunia, Erling Haaland gagal membawa Norwegia ke Piala Dunia 2022. Meskipun demikian, ia tidak mau berkecil hati. Erling Haaland berambisi membuat tim nasional lebih bersinar di masa depan. Setelah dua tahun memperkuat Borussia Dortmund, Erling Haaland resmi bergabung dengan Manchester City. Sebelumnya, ia mencetak 90 gol dari 86 pertandingan. Tidak mengherankan, di usia 21 tahun Erling Haaland menjadi incaran klub top Eropa. Menurut beberapa media, pihak Manchester City mengeluarkan anggaran 300 juta Euro untuk menggaet pesepakbola ini.

7. Mykhailo Mudryk

Mykhailo Mudryk merupakan pemain tim nasional Ukraina yang cemerlang berkat penampilannya di Liga Champion musim ini. Ukraina hampir lolos Piala Dunia 2022 setelah mencapai babak playoff UEFA. Sempat menang melawan Skotlandia di Glasgow pada babak semifinal, Ukraina harus menelan pil pahit karena kalah dari Wales. Mykhailo Mudryk dipandang sebagai bintang lapangan di masa depan karena memiliki keahlian luar biasa. Pesepakbola yang dijuluki sebagai Neymar dari Ukraina ini menjadi incaran klub-klub Eropa.

8. Luis Diaz

Cedera lutut yang dialami oleh Luis Diaz sudah pasti membuat pesepakbola ini gagal ikut Piala Dunia 2022. Namun, nyatanya Kolombia kalah dari Peru di babak playoff. Pemain gelandang ini dinobatkan sebagai Revelation of The Tournament Copa America 2021. Selama dua musim, ia membela klub asal Portugal, FC Porto. Sejak memulai debut pada tahun 2018, Luis Diaz mencetak 6 gol dari 38 pertandingan.

9. Nicolo Barella

Gelandang Inter Milan, Nicolo Barella tampil luar biasa untuk Italia selama kampanye EURO 2020. Sayangnya, tahun ini negara tersebut gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Nicolo Barella masuk dalam daftar pemain gelandang dengan bayaran tertinggi. Pesepakbola ini memang memiliki kualitas jempolan, salah satu prestasinya adalah sering menghasilkan assists berbuah gol.

Selain di atas masih ada beberapa pemain yang dikabarkan absen dalam Piala Dunia, diantaranya Jan Oblak, Milan Skriniar, N'Golo Kante, Benyamin Sesko, dan masih banyak lagi. Bagaimana tanggapan kalian?