Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Tempat wisata di Jogja memiliki pesona dari segi budaya, sejarah, dan alam. Keindahan yang berpadu dengan kelestarian budaya membawa daya tarik tersendiri sehingga menarik untuk dikunjungi. Jika berbicara mengenai Yogyakarta, mungkin sebagian orang akan teringat makanan gudeg, Malioboro, Pantai Selatan, dan masih banyak lagi. Beberapa tempat wisata di Jogja yang cocok untuk dikunjungi adalah sebagai berikut.

1. Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta adalah salah satu ikon sejarah yang dibangun pada tahun 1755. Letaknya cukup strategis di pusat kota, sehingga wisata ini dapat dikunjungi dengan mudah. Lokasi keraton memiliki makna filosofis bahwa letak tersebut berada dalam satu garis dengan Gunung Merapi, Tugu, dan Pantai Parangtritis. Kunjungan wisatawan umum dibuka setiap Senin-Minggu mulai pukul 08.00-14.00 WIB. Namun, pada hari Jumat, keraton dibuka hingga pukul 12.00 WIB.

2. Benteng Vredeburg
Berada di Kawasan Malioboro, terdapat wisata sejarah bernama Museum Benteng Vredeburg. Museum ini merupakan bangunan cagar budaya yang berdiri di atas tanah kurang lebih 2100 m2. Wisatawan dapat menyaksikan beberapa koleksi, antara lain:
1) Diorama perjuangan bangsa Indonesia sebelum Proklamasi 1945 sampai pada era Orde Baru.
2) Benda-benda bersejarah, seperi foto-foto dan lukisan tentang perjuangan dari era pra kemerdekaan, perang kemerdekaan dan setelah merdeka.
3) Bangunan-bangunan peninggalan Belanda, yang dipugar sesuai bentuk aslinya.
4) Museum Benteng Vredeburg buka pada hari Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB dan khusus pada hari Jumat dibuka hingga pukul 16.30 WIB.

3. Situs Ratu Boko
Situs Ratu Boko terletak sekitar 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan atau sekitar 19 km ke arah selatan dari kota Yogyakarta. Wisata budaya dan sejarah ini terletak di atas sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 195,97 m di atas permukaan laut. Dari keterangan dalam situs PT Taman Wisata Candi Borobudur, Ratu Boko bukan candi, melainkan peninggalan keraton. Di sekitarnya terdapat beberapa candi antara lain di sisi timur terdapat Candi Dawangsari, Candi Barong, dan Candi Ijo, di sisi selatan terdapat Candi Banyunibo, dan di sisi barat terdapat Situs Watugudig.

Dari semua pemaparan di atas dapat kita lihat betapa pentingya mencari tahu tentang wisata yang ada di indonesia bagi anak muda di Indonesia.